Meski tidak sedang flu atau pilek, orang banyak yang mengalami batuk-batuk tanpa dahak atau yang disebut batuk kering. Apa penyebab batuk kering ini?

Batuk adalah upaya tubuh untuk menghilangkan benda asing atau lendir dari paru-paru dan saluran pernapasan atas. Terkadang batuk kering hanyalah reaksi terhadap saluran tenggorokan yang meradang atau karena sebab lainnya.

Batuk kering disebut batuk yang tidak produktif karena tidak menghasilkan lendir. Batuk kering bisa penyakit tapi bisa juga hanya reaksi terhadap saluran tenggorokan.

Beberapa hal yang menyebabkan batuk kering seperti dilansir Livestrong, Kamis (27/1/2011):

1. Iritasi saluran pernapasan
Seringkali batuk kering bukan merupakan penyakit, melainkan respons terhadap kondisi yang mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan bronchospasm. Debu dan asap di udara paling sering menyebabkan batuk kering. Menghirup sesuatu saat bernapas juga dapat menyebabkan batuk tidak produktif ini.

ACE inhibitor yang digunakan dalam mengobati tekanan darah tinggi, terkadang dapat menyebabkan batuk kronis. Asma juga dapat menyebabkan batuk kering tanpa mengi, ini sering merupakan tanda peringatan bahwa asma memburuk.

2. Batuk rejan
Batuk kering juga bisa terjadi sebagai gejala dari batuk rejan, yaitu infeksi saluran pernapasan karena bakteri yang sangat menular. Batuk rejan yang juga dikenal sebagai pertusis, menyebabkan peradangan yang mempersempit tabung pernapasan di paru-paru.

Untuk minggu pertama, pasien batuk rejan mengalami batuk kering, bersamaan dengan hidung meler, hidung tersumbat, bersin dan demam ringan. Minggu berikutnya, serangan batuk yang parah mulai terjadi, dahak kental, batuk serangan mungkin begitu kuat sehingga menyebabkan muntah, wajah merah atau kebiruan dan kelelahan ekstrem.

Meskipun orang dewasa yang menderita batuk rejan biasanya bisa sembuh sepenuhnya, tetapi penyakit ini bisa berbahaya bila terjadi pada bayi.

3. Mycoplasma Pneumonia
Mycoplasma pneumonia adalah jenis pneumonia bakteri yang biasanya menyerang orang-orang di bawah usia 40 tahun dan sering menimbulkan gejala batuk kering.

Selain itu, mycoplasma pneumonia juga disertai dengan nyeri dada, menggigil, berkeringat, demam, sakit kepala dan sakit tenggorokan.

4. Influenza dan pilek
Influenza atau flu adalah infeksi virus yang mempengaruhi sistem pernapasan dan juga dapat menyebabkan batuk kering. Selain batuk kering, flu juga menyebabkan demam lebih dari 38 derajat celsius, menggigil, berkeringat, sakit kepala, sakit otot dan kelelahan.